A. Tugas bidang kehumasan


Pengertian Humas
Hubungan masyarakat (humas) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi. Humas merupakan terjemahan istilah bahasa Inggris: Public Relations (sering disingkap PR) atau "Hubungan Publik".
Menurut International Public Relations Association (IPRA), Humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini public di antara mereka.
Tugas humas di kantor pemerintahan adalah :
  1. Bagian humas di institusi pemerintahan dibentuk untuk mempublikasikanatau mempromosikan kebijakan – kebijakan mereka (pemerintah). DimanaHumas memberikan informasi secara teratur.
  2. Memberikan informasi tentang kebijkkan, rencana – rencana, serta hasil -hasil kerja institusi.
  3. Serta memberikan pemahaman atau pengertian kepada masyarakat tentangperaturan dan perundang – undangan atau segala hal yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. (Frida Kusumawati, 2002 : 37).
Adapun pendapat lain tentang humas atau public relations di kantor pemerintahan oleh A. W Widjaja dalam bukunya “Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Tugas humas di bedakan menjadi dua, yakni tugas strategis dan taktis, yaitu :
  1. Tugas strategis : Ikut serta dalam Decision making prosess
  2. Tugas taktis : Memberikan motivasi, memberikan informasi menjalankan komunikasi timbal balik, membuat citra yang baik.
Dalam rangka menunjang tugas humas dan fungsinya, humas dipemerintahan perlu memperhatikan banyak hal, yaitu :
  1. Menyelenggarakan dokumentasi kegiatan pokok instansi pemerintah, terutama yang mencangkup publikasi.
  2. Membina pengertian pada khalayak terhadap kebijaksanaan pimpinan, baik kepada pihak intern maupun ekstern. Pembinaan  pengertian kepada khalayak ekstern termasuk pemberian dan pelayanan informasi.
  1. Mengumpulkan data dan informasi yang datang dari berbagai sumber.
  2. Memonitor dan mengevaluasi tanggapan dan pendapat masyarakat. (A. W Widjaja, 1993 : 63)
Berikut adalah link Contoh Skripsi Hubungan Masyarakat (Humas)
Incoming search terms:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi misi PT Djarum di kudus

Sejarah Berdirinya PT Djarum INDONESIA

Profil PT Djarum Indonesia